Deprecated: trim(): Passing null to parameter #1 ($string) of type string is deprecated in /home1/goodheg4/public_html/wp-content/themes/apuslisting/post-formats/single/_single.php on line 23

Mengenal Budaya Indonesia

Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia kaya akan budayanya, terdiri dari berbagai suku, agama, bahasa, adat istiadat, seni dan tradisi yang unik. Sehingga dalam hal ini sekolah perlu NAGA4D mengambil bagian untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada murid. Hal inilah yang dilakukan oleh SDK Makedonia memperkenalkan budaya Indonesia yang beragam melalui mata pelajaran “Keberagaman Budaya Indonesia” disekolah, sehingga pada hari Kamis, 2 Maret 2023 yang lalu SDK Makedonia melakukan kunjungan ke Masjid dan Klenteng bersama seluruh siswa/i.

Kunjungan ini salah satu cara untuk memperkenalkan keberagaman budaya indonesia dari segi agama yang ada di Indonesia. Dimana pada saat ini indonesia telah memiliki enam agama resmi yakni Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu.

Bentangan alam ini menunjukan keeksotiannya, juga dalam ragam adat istiadat. Banyak Suku yang mendiami negara yang kita cintai ini. Tak pelak, keragaman ini, menyatukan bangsa yang berdaulat. Bhineka Tunggal Ika adalah semboyang “roh” penyatu anak-anak negeri.

Keunikan ini pulalah yang membuat Indonesia sangat dicintai oleh warga negara asing. Banyak diantara mereka menghabiskan waktu di Indonesia. Belajar budaya dan adat istiadat adalah salah satu target mereka selama di Indonesia. Bahkan, banyak diantara mereka yang kemudian memilih menjadi warga negara Indonesia.

1. TOKOH ADAT. Ya, Tokoh Adat memegang peranan penting dalam menjaga dan melestarikan budaya atau adat istiadat setempat. Jika, kita ingin dapatkan banyak informasi tentang keunikan budaya atau adat istiadat suatu daerah, maka langkah pertama adalah mengunjungi Tokoh Adat.

2. RITUAL ADAT. Prosesi adat syarat makna budaya. Disini kita dapat mengerti dan memahami setiap nilai yang terkandung dalam adat istiadat setempat. Jangan pernah lewatkan prosesi ini. Anda akan menemukan sejuta makna kehidupan yang terkandung di dalamnya.

3. TARIAN TRADISIONAL. Jangan habiskan waktu anda ketika anda berada disuatu daerah dan terlibat dalam tarian daerah tersebut, tanpa menanyakan nilai yang terkandung di dalamnya. Setiap tarian yang dimainkan mencerminkan nilai sosial daerah setempat.

4. ALAT MUSIK TRADISIONAL. Nah, yang satu ini selalu menjadi ikon daerah tersebut. Alat ini tidak saja dimainkan untuk memunculkan tempo dan irama, namun syarat makna yang terkandung. Setiap alat musik yang dimainkan mensyaratkan nilai. Tanyakan asal-usulnya, fungsinya, pembuatan dan atau orang yang memainkannya. Anda akan dapatkan banyak nilai dari sebuah alat musik.