Deprecated: trim(): Passing null to parameter #1 ($string) of type string is deprecated in /home1/goodheg4/public_html/wp-content/themes/apuslisting/post-formats/single/_single.php on line 23

Mengenal Genset Silent Dan Cara Kerjanya

genset silent powerline

Genset silent adalah genset yang diproduksi lengkap dengan canopy. Canopy membuat suara yang dihasilkan tidak terlalu bising atau nyaring, dan melindungi bagian mesin dari cuaca tidak tentu seperti panas dan hujan. Canopy genset terbuat dari plat bahan besi dengan lapisan busa yang dapat meredam suara. Lapisan tersebut dapat meredam suara cukup baik, sehingga hasil suara mesin tidak terlalu bising dan mengganggu.  Harga genset silent ini pun relative terjangkau.

Genset tertutup ini dapat diletakkan dimanapun tanpa adanya ruangan khusus genset karena hasil suaranya tidak bising dan sudah kedap. Namun, seperti genset open atau yang lain, pada umumnya genset akan lebih baik jika diletakkan ruangan khusus yang dapat menjaga genset dari cuaca panas atau hujan sehingga lebih awet, tahan lama, dan tidak mudah berkarat.

Cara kerja genset silent

Cara kerja genset silent terletak pada komponen-komponen penting di dalamnya. Altenator adalah komponen penghasil listrik dari kegiatan input mesin dan magnet yang dilakukan secara mekanis. listrik tidak dihasilkan oleh genset, melainkan dihasilkan oleh energi mekanis yang terjadi pada gerakan muatan listrik mesin. Ada juga komponen stator yang merupakan komponen yang memotong medan magnet ketika genset berputar.

Kelebihan genset silent

Selain dapat meredam suara, genset ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya adalah:

  1. Tidak Berisik

Genset ini tidak mengeluarkan suara bising seperti kebanyakan genset lainnya karena adanya canopy sebagai peredam suara dari kegiatan mesin genset.

  1. Tahan Cuaca

Selain meredam suara, canopy juga berfungsi melindungi genset dari panas dan air hujan. Canopy juga membuat genset tipe tertutup dapat diletakkan di luar ruangan. Namun, sangat dianjurkan untuk memastikan canopy tertutup sempurna sehingga air tidak masuk dan merusak mesin. Harga genset silent yang terlampau murah patut dicurigai agar tidak membeli genset yang palsu.

  1. Perawatan yang mudah

Genset tertutup adalah genset yang paling mudah untuk dirawat. Perawatannya juga harus dilakukan secara bertahap dan berkala dengan rutin mengganti oli, dan membersihkan bagian dalam mesin.  Genset silent dimudahkan dengan sistem knock down yang berfungsi dapat dengan mudah dibongkar pasang.

Itulah penjelasan mengenai genset tipe silent. Harga genset silent cukup bervariasi tergantung vendor yang menjual. Semoga dapat menambah pengetahuan Anda tentang genset tipe silent, cara kerja, dan kelebihannya.

Baca Juga : Kenapa Harus Memilih Distributor Genset Powerline?