Deprecated: trim(): Passing null to parameter #1 ($string) of type string is deprecated in /home1/goodheg4/public_html/wp-content/themes/apuslisting/post-formats/single/_single.php on line 23

Pertamina Dorong Konsumsi BBM Nonsubsidi saat Mudik, Sinyal Pertalite Dibatasi?

Jakarta PT Pertamina (Persero) meminta masyarakat memprioritaskan pembelian BBM nonsubsidi selama mudik lebaran 2024, dan tidak bergantung terhadap BBM subsidi khususnya Pertalite (RON 90) untuk bahan bakar kendaraan.

VP Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso berharap pihak konsumen sadar siapa saja yang memang berhak untuk menenggak Pertalite. Meskipun, hingga saat ini belum ada aturan yang membatasi pembelian BBM bersubsidi tersebut.

Pemerintah saat ini memang tengah melakukan pembahasan soal revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak.

Namun, lantaran belum ada kriteria khusus siapa saja konsumen yang berhak membeli slot mahjong BBM bersubsidi, Pertamina tidak membatasi pembelian Pertalite untuk kelompok tertentu di musim mudik ini.

“Stok ke daerah saat ini kita tidak melakukan pembatasan ya. Tapi mungkin kembali lagi, kita tetap imbau supaya masyarakat bisa membeli BBM non subsidi,” imbuh Fadjar.

Konsumsi BBM
Sebagai catatan, angka konsumsi BBM jenis Pertalite dan Pertamax (RON 92) pada periode mudik lebaran 2023 silam melonjak 6,4 persen dibanding bulan sebelumnya. Sebaliknya, konsumsi gasoil (diesel) semisal Solar dan Pertamina Dex untuk kebutuhan retail turun -13 persen dari rata-rata normal.