Deprecated: trim(): Passing null to parameter #1 ($string) of type string is deprecated in /home1/goodheg4/public_html/wp-content/themes/apuslisting/post-formats/single/_single.php on line 23

Damkar DKI Imbau Warga Cabut Regulator Gas hingga Periksa Instalasi Listrik Sebelum Mudik

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta, mengimbau masyarakat ibu kota untuk mengantisipasi potensi kebakaran kala meninggalkan rumah untuk mudik Lebaran 2024 ke kampung halaman.

Diketahui, mudik Lebaran menjadi peristiwa yang selalu dinantikan bagi umat muslim untuk menyongsong perayaan Idul Fitri. Namun, risiko kebakaran waktu meninggalkan rumah di dalam waktu yang lama seringkali terlupakan dan terabaikan.

“Menjelang Idul Fitri, konsentrasi masyarakat kini terlalu fokus terhadap persiapan mudik. Pada waktu meninggalkan rumah, potensi kebakaran mampu saja terjadi, jikalau masyarakat tidak cukup mengantisipasi,” kata Satgas Gulkarmat Gambir Nurulusianto, dikutip Minggu (7/4/2024).

Masyarakat diminta memperhatikan sejumlah anjuran sebelum mudik untuk menahan kebakaran, di antaranya diimbau untuk memastikan kompor di dalam situasi mati dan mencabut regulator gas.

“Jangan lupa untuk mencabut selang regulator gas dan tutup rapat tabung gas kembali,” ujarnya.

Lebih lanjut, masyarakat terhitung diminta untuk memeriksa instalasi listrik yang ada di rumah. Seluruh kabel dan peralatan listrik wajib tercabut berasal dari steker.

“Serta pastikan seluruh sumber listrik aman berasal dari benda yang gampang terbakar. Segera ubah peralatan listrik jikalau sudah terkelupas atau rusak,” ucapnya.

Pastikan Jendela Rumah Tertutup

Selain itu, Nurulusianto menyarankan, masyarakat meninggalkan rumah di dalam situasi jendela tertutup, lampu dimatikan, dan pintu rumah sudah dikunci.

Bila perlu, titipkan rumah ke orang yang mampu dipercaya atau mampu melapor kepergian mudik ke petugas keamanan lingkungan atau pihak RT/RW setempat. Namun, jikalau punyai hewan peliharaan sebaiknya langsung menitipkan ke tempat penitipan hewan. “Jika terjadi kebakaran atau situasi darurat, langsung hubungi Jakarta Siaga 112 atau berkunjung langsung ke pos pemadam kebakaran terdekat. Layanan ini bebas pulsa dan gratis,” kata dia.

“Petugas Pemadam Jakarta selalu siaga 24 jam https://sekilasdumai.com/ untuk melayani Anda. Semoga mudik lebaran Anda terjadi bersama aman dan nyaman, dan juga terhindar berasal dari bahaya kebakaran,” tandasnya.